Tekno dan Fotografi

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, February 9, 2017

Mengenal Kamera Leica M10 Seharga Rp99 Juta

Harga Kamera Leica M100 Dibanderol Seharga Rp99 Juta

Leica memang terkenal akan produk kamera yang berada di segemen premium. Harga yang ditawarkan oleh produsen asal Jerman ini terbilang fantastis mulai dari belasan hingga puluhan juta. Salah satu produk teranyar yang dibawa masuk ke pasar Indonesia ialah Leica M10.

Leica M10 merupakan kamera terbaru dari seri M yang telah mengalami beberapa pembaruan. Kendati demikian, untuk menjaga ciri khasnya, Leica tetap mempertahankan desain retro klasik yang terbuat dari logam berbahan magnesium alloy.

Dimensi bodinya memiliki kesamaan dengan jenis kamera analog dengan lebar 33,75 milimeter. Hal itu membuat Leica M10 sebagai kamera paling ramping dari seri M lainnya. Jarak optimal antara mata dengan lensa (eye relief) juga telah mengalami pembaruan yang ditingkatkan 50%.

Demi memudahkan pengoperasian, Leica telah menyederhanakan tombol fungsi menjadi tiga buah di bagian belakang bodi. Tombol tersebut antara lain live view, review, dan menu. Sementara di bagian samping kanan, terdapat satu tombol yang memiliki fungsi untuk bernavigasi.

Di tambah beberapa tombol pengaturan manual seperti ISO dan shutter speed yang menonjol di bagian atasnya. Kehadiran tombol ISO di Leica M10 terasa istimewa karena yang pertama kalinya disematkan dalam jajaran kamera seri M. Tombol-tombol tersebut memungkinkan fotografer untuk mengatur kamera tanpa melalui menu.

Masuk ke Indonesia, Leica M10 Dibanderol Rp99 Juta

Sensor yang digunakan pada kamera rangefinder ini ialah Maestro II jenis CMOS berformat full frame 24 megapiksel. Leica mengklaim dengan sensor barunya tersebut M10 dapat memiliki rentang dinamis (HDR) yang impresif, kontras warna yang baik, resolusi tajam dan lebih detail.

Tak hanya itu, sensivitas cahaya pun telah mengalami peningkatan di mana ISO yang digunakan mampu mencapai 50.000 dari level terendah ISO 100. Meski dengan pengaturan ISO yang tinggi, hasi foto di kondisi low light diakui memiliki tampilan yang tergolong baik.

Berkat sensor Maestro II, Leica M10 juga meningkatkan level buffer menjadi 2 GB dengan kemampuan mode secara terus menerus (continuous shoot) sebanyak 5 frame per detik. Dengan demikian, untuk saat ini M10 menjadi kamera tercepat yang pernah dimiliki Leica.

Guna melakukan modernisasi, Leica juga turut menyematkan fitur konektivitas di dalamnya. Sistem nirkabel yang dimiliki Leica M10 dapat digunakan untuk berkirim foto format RAW ke format DNG melalui perangkat mobile Apple.

Dengan bantuan aplikasi M-App, fotografer juga dapat mengontrol Leica M10 dengan menggunakan smartphone atau tablet sebagai shutter release. Fitur ini berguna untuk menghindari guncangan saat memotret dengan kecepatan rana lambat.

Sebagai tambahan, Leica M10 juga telah tersemat fitur tangguh lainnya seperti layar terlindungi lapisan Gorilla Glass, tahan terhadap cipratan air, dan juga tahan dalam kondisi cuaca ekstrim. Dengan demikian, tak hanya fitur penunjang kualitas, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur pelindung.

Harga Leica M10

Melalui toko distributor resmi di Indonesia, Leica M10 memiliki harga Rp99 juta dengan penjualan body only. Harga yang ditawarkan memang tergolong cukup mahal. Oleh karena itu, pihak Leica Store Indonesia mengaku bahwa kamera ini menyasar pada fotografer yang mencari experience level.

Selain itu karena berjenis rangefinder, di mana sistem pengaturan dilakukan secara manual, Leica memiliki konsumen di tingkat mahir dalam mengoperasikan kamera. Namun hal itu bukan berarti ia membatasi segmen penggunanya. Menurut Direktur Leica Store Indonesia, Bernard F Suwanto, Leica M10 juga dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti street photography.

Spesifikasi dan Harga Leica M10

"Segmen utama mungkin para fotografer yang lebih mencari experience karena seri M ini memiliki sistem manual, bukan otomatis. Hanya saja hal itu dikembalikan lagi kepada user, sehingga tak ada prioritas pengguna," ungkap Bernard selepas acara launching di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Ketersediaan Leica M10 telah ada sejak 19 Januari 2017 kemarin. Untuk memboyong kamera seharga Rp99 juta ini, Anda dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui Leica Store Indonesia yang terletak di Plaza Senayan, Jakarta.


Foto: Dokumentasi Pribadi