Sejuknya Wisata Alam Telaga Remis di Kuningan

Wisata alam di Kuningan Telaga Remis
Wisata alam di Kuningan, Telaga Remis. Foto: Dok. Pribadi

Banyak cara untuk melepaskan penat karena aktivitas sehari-hari. Sebagian orang menyukai berjalan-jalan ke mall atau taman rekreasi, sebagian lainnya lebih menyukai melihat pemandangan alam. Saya sendiri menyukai keduanya. Ada beberapa sensasi yang bisa saya rasakan dari kedua spot hiburan tersebut. Pertama, di perkotaan saya bisa merasakan keramaian dan kompleksitas kehidupan masyarakatnya. Sedangkan di alam saya bisa merasakan ketenangan dan nuansa alamiahnya. Keduanya memiliki terapi yang berbeda untuk setiap penat yang saya rasakan.

Beberapa waktu lalu, saya bersama teman-teman dari LPM FatsOeN mengunjungi salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Kuningan. Talaga Remis atau Telaga Remis merupakan danau seluas 2,82 HA. Terletak di desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, objek wisata ini menawarkan pemandangan hijau dan kesejukan udaranya.

Lokasinya berdekatan antara Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan. Selain itu jalan menuju lokasi objek wisata yang berada di Kuningan pun cukup mudah dilalui. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menuju lokasi. Jarak dari Kota Cirebon dan Kuningan hanya menempuh waktu sekitar satu jam.

Pemandangan di wisata alam Telaga Remis
Pemandangan di wisata alam Telaga Remis. Foto: Dok. Pribadi.

Selain menyuguhkan objek wisata air seperti becak air, Telaga Remis merupakan spot memancing yang cukup digemari oleh warga sekitar danau maupun luar sekitar danau. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- anda bisa memancing tanpa adanya batasan ikan dan durasi.

Memancing di wisata alam Telaga Remis
Mancing di Telaga Remis Kunigan. Foto: Dok. Pribadi.
Di sekeliling Telaga Remis terdapat jalan setapak yang dapat digunakan para pengunjung untuk mengelilingi danau. Anda bisa memotret sekitaran danau dari berbagai sudut dengan mengelilinginya. Namun, berhati-hatilah disaat musim penghujan jalanan yang tertutup paving block menjadi sedikit licin.

Pemandangan di sekeliling Telaga Remis
Pemadangan di wisata alam Telaga Remis. Foto: Dok. Pribadi.
Kesejukan udara Telaga Remis berasal dari rindangnya pohon pinus yang mengelilingi sekitar danau. Dengan sedikit mendaki anda bisa merasakan keteduhan ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Pohon Pinus di wisata alam Telaga Remis
Pohon pinus di wisata alam Telaga Remis. Foto: Dok. Pribadi.

Jika anda hobi memotret, jangan terlalu terpaku pada keindahan danaunya saja. Banyak juga kehidupan makhluk lain disekitar danau yang bisa diabadikan. Siapkan kamera ke mode makro lalu carilah objek kecil seperti bunga, kadal ataupun capung. Jika beruntung anda bisa menemukan ular pohon disekitar semak-semak danau.

Ular pohon di wisata alam Telaga Remis, Kuningan.
Satwa di wisata alam Telaga Remis, Kuningan. Foto: Dok. Pribadi.
Ketika saya sedang berkeliling, tiba-tiba se ekor ular pohon terlihat diantara semak-semak di pinggir danau. Ini adalah pertama kalinya saya bisa memotret ular dari jarak yang cukup dekat. Bayangkan, saat itu saya hanya menggunakan kamera saku. Untuk bisa mendapatkan foto makro dengan background yang cukup blur saya harus sedekat mungkin dengan ular tersebut. Selain itu pergerakan si ular juga cukup lincah sehingga butuh usaha ekstra untuk mendapatkan hasil foto yang baik.

Berbeda dengan ular, capung justru cukup mudah untuk dipotret. Anda hanya membutuhkan kesabaran dan ketenangan. Jangan membuat banyak pergerakan agar capung tidak merasa terancam.

Capung Merah
Satwa di wisata alam Telaga Remis, Kuningan. Foto: Dok. Pribadi.
Hal yang perlu anda ingat ketika mengunjungi objek wisata Telaga Remis ini adalah simpanlah kartu parkir anda baik-baik. Jika hilang anda akan dikenakan denda sebesar 10 ribu rupiah untuk sepotong kertas print-an tersebut. Itulah yang teman saya alami saat hendak pulang. Mungkin sedang apes.. hehehe 


*Semua koleksi foto dapat dilihat di akun instagram saya

Postingan populer dari blog ini

Momen dalam Fotografi

Tentang Foto Makro Serangga: Proses dan Tips yang Perlu Diketahui

Fotografi Ekstrim: Tips dan Trik Memotret Petir