Tekno dan Fotografi

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, September 3, 2014

Donasi di Youtube dengan fitur Fun Funding

Google hadirkan fitur baru yang disebut Fun Funding. Fitur ini ditujukan sebagai layanan donasi kepada pengunggah video Youtube. Dengan fitur ini pengunggah bisa mendapatkan keuntungan dari donasi viewer mereka. 

Adapun cara kerja dari fitur ini ialah, viewer dapat mengklik ikon yang terdapat pada pojok kiri atas video yang sedang dilihat. Kemudian akan muncul menu pop up yang menampilkan berapa jumlah donasi yang akan diberikan. Sistem donasi ini dilakukan dengan layanan Google wallet. 

Dari jumlah donasi yang dikirim, google memotong 'ongkos' donasi sesuai dengan nilai fluktuasi di negara tertentu. Seperti di Amerika, google akan memangkas biaya sebesar 5% plus 21 sen dari jumlah yang didonasikan, sehingga jika viewer memberikan donasi sebesar $10 maka si pengunggah video akan mendapatkan keuntungan sebesar 71 sen. 

Fitur baru tersebut sudah mulai tersedia di kawasan Amerika Serikat, Jepang, Mexico, dan Australia. Sedangkan untuk kawasan lain saat ini sedang dalam tahap pengerjaan. Selain dapat dilakukan melalui browser default, donasi juga dapat dilakukan melalui aplikasi Youtube diperangkat Android.