Tekno dan Fotografi

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, May 16, 2017

Asus Zenfone Zoom S dan Zenfone Live Resmi Meluncur di Indonesia

Asus Luncurkan Zenfone Zoom S dan Zenfone Live

Sempat diperkenalkan dengan nama Zenfone 3 Zoom di gelaran CES 2017 kemarin, Asus memboyong smartphone tersebut ke Indonesia dengan nama Zenfone Zoom S. Meski berbeda dari segi penamaan berbeda, namun masih membawakan fitur kamera utama ganda berketajaman 12 megapiksel.

Kemampuan kameranya itu bahkan dibandingkan dengan milik iPhone 7 Plus yang sama-sama mengusung smartphone dual-camera. Jika iPhone 7 Plus memiliki bukaan f/1.8, maka Asus Zenfone Zoom S mempunyai bukaan f/1.7.

Dengan adanya kemampuan itu, Zenfone Zoom S dikalim dapat menyerap cahaya di kondisi low-light lebih tinggi 38% dari smartphone berbukaan f/2.0. Sementara iPhone 7 Plus dikatakan hanya menyerap cahaya 23% dari bukaan f/2.0.

Asus Zenfone Zoom S Meluncur di Indonesia

Selain itu, setiap lensa yang dimiliki Zenfone Zoom S memiliki fungsi yang berbeda. Di kamera sebelah kiri, memiliki bukaan f/1.7 dengan lensa 25 mm. Fungsi kamera ini dapat menangkap momen dalam bingkai seluas 82°.

Sedangkan kamera di sebelah kanan, bertugas untuk foto jarak jauh (zoom) dengan lensa 56 mm. Pembesaran optik di kamera ini bisa sampai 2,5 kali dibandingkan lensa di sebelah kirinya. 

Selain bisa digunakan untuk objek jauh, lensa zoom tersebut juga cocok digunakan untuk foto portrait, close up dengan menghasilkan depth of field sehingga latar menjadi blur sentara objek utama menjadi lebih tajam.

Selain fitur fotografi di atas, Zenfone Zoom S juga memiliki fitur selfie dengan kamera 13 megapiksel yang menggunakan sensor Sony IMX214, apperture f/2.0.

Asus Zenfone Zoom S dan Zenfone Live Resmi Meluncur di Indonesia

Di unit pemrosesan, Asus membekalinya dengan prosesor Snapdragon 625 octa-core dan kartu grafis Adreno 506 serta RAM berkapasitas 4 GB. Sektor penyimpanan, Anda bisa memanfaatkan internal 64 GB dan micro SD hingga 2 TB.

Sedangkan dari segi dimensi, smartphone ini memiliki ukuran layar full HD 5,5 inci dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 di permukaannya. Sementara baterainya, berkapasitas jumbo sebesar 5.000 mAh.

Asus juga mengklaim daya tahan baterainya bisa mengalahkan iPhone 7 Plus dengan durasi pemakaian sekira 19 jam, sementara iPhone 7 Plus hanya bertahan sekira 5 jam.

Asus Zenfone Live

Selain mendatangkan Zenfone Zoom S di segemen menengah ke atas, Asus juga turut meluncurkan sebuah smartphone yang menyasar pada kelas menengah ke bawah. Smartphone yang dinamakan Zenfone Live ini ditunjang spesifikasi di kelas standar namun memiliki fitu baru di bidang streaming atau broadcasting.

Asus Zenfone Live ZB501KL memiliki ukuran 5,0 inci dengan rasio layar ke bodi sebesar 75%. Resolusinya berkualitas HD 1280 x 720 piksel. Sedangkan dari antarmuka, smartphone ini menggunakan ZenUI 3.0 berdasarkan OS Android 6.0 Marshmallow. 

Kemudian di dapur pacu, terdapat platform Snapdragon 410, 1.40 GHz, dan pengolah grafis Adreno 305. Untuk pemrosesan lainnya, Asus menyediakan RAM berkapasitas 2 GB serta ruang internal 16 GB dan 128 GB melalui dukungan slot micro SD. Dan untuk pengoperasiannya, Asus Zenfone Live ditopang oleh baterai berkapasitas 2.650 mAh. 

Sementara dari sektor fotografi terdapat kamera utama berketajaman 13 megapiksel, dan apperture f/2.0 dengan low light technology. Di bagian depan, Asus menyediakan kamera 5 megapiksel dengan sudut pengambilan wide angle 82°. 

Kemampuan live streaming di Zenfone Live ini berada di kamera depan tersebut. Jika biasanya kemampuan beautification terdapat pada foto selfie, namun Asus menghadirkannya untuk kemampuan siaran langsung yang bisa aktif saat digunakan. 

Fitur yang aktif secara real-time tersebut bisa digunakan melalui aplikasi bernama BeautyLife. Artinya, kemampuan mempercantik wajah akan aktif selama melakukan video streaming di aplikasi pilihan seperti Youtube, Facebook, dan Instagram.

Kemampuan itu ditunjang pula dengan adanya LED flash di bagian depan yang dapat memberikan skin tone atau warna kulit yang diklaim lebih alami.

Dengan adanya Zenfone Live ini, Asus telah mengambil jalan berbeda dibandingkan smartphone lainnya seperti OPPO dan Vivo yang lebih mengandalkan smartphone dengan kemampuan kamera selfie.

Sementara dari segi harga, Asus membanderol Zenfone Zoom S dengan nilai Rp6 juta, dan Zenfone Live dibanderol Rp1,8 juta. Setelah diluncurkan hari ini, Selasa (16/5/2016), di Hotel Pullman, Jakarta Barat, keduanya telah bisa dipesan melalui toko ritel yang tersedia.

*Foto: Dokumentasi Pribadi