Tekno dan Fotografi

Post Top Ad

Post Top Ad

Friday, April 14, 2017

Nintendo Hentikan Penjualan NES Classic Edition

Nintendo hentikan pejualan NES Classic Edition

Setelah merilis hybrid console Switch, Nintendo kini menghentikan penjualan dari konsol Nintendo Entertainment System: NES Classic Edition. Dalam keterangan resminya, perwakilan dari perusahaan menyatakan bahwa penjualan terakhir konsol tersebut akan berakhir April ini. 

"Sepanjang April, wilayah Amerika Selatan akan menerima pengiriman terakhir Nintendo Entertainment System: NES Classic Edition untuk tahun ini. Kami memberitahukan kepada siapa saja yang tertarik dengan sistem ini untuk memeriksa ketersediaan di outlet retail setempat," ungkap Nintendo dikutip dari IGN, Jumat (14/4/2017).

Nintendo juga mengatakan permintaan maafnya kepada konsumen karena sulitnya mendapatkan konsol tersebut saat ini. Pihaknya telah menerima banyak masukan dari pengguna NES Classic Edition dan mengucapkan rasa terima kasihnya atas perhatian mereka terhadap produk tersebut.

Sayangnya, pihak Nintendo masih belum mau memberikan alasannya. Hanya saja, dibalik keputusannya tersebut, jumlah permintaan NES Classic Edition diakui  melambung tinggi. Ia pun menegaskan bahwa konsol tersebut memang telah direncakan untuk tak dilanjutkan kembali.

"NES Classic Edition tidak dimaksudkan untuk dilanjutkan atau produk yang berkepanjangan. Bagaimana pun, karena permintaan yang tinggi kami menambahkan pengiriman ekstra untuk rencana asal kami," lanjutnya.

Selain menghentikan produksi perangkat konsol, Nintendo juga tak akan lagi memproduksi controller untuk NES Classic Edition. Sementara bagi pihak ketiga yang memproduksi aksesori, Nintendo menyerahkan keputusan kepada masing-masing manufaktur.

NES Classic Edition bukan lah satu-satunya konsol yang akan dihentkan produksinya. Pada April tahun lalu, Reuters juga mengabarkan bahwa perusahaan asal Jepang ini akan menghentikan produksi Nintendo Wii U. Masalah pangsa pasar diduga menjadi penyebabnya.

Penjualan Nintendo Wii U pada 2016 diperkirakan hanya berjumlah 800.000 unit atau mengalami penurunan dari 3,26 juta unit di tahun sebelumnya. Namun perangkat ini baru akan dihentikan produksinya pada Maret 2018 mendatang.

Sementara NES Classic Edition terbilang baru seumur jagung. Konsol ini diperkenalkan Nintendo pada 10 November 2016. Padahal konsol tersebut memiliki keunikan dari segi desain dan ketersediaan game. Nintendo membawa nuansa notalgia pada sisi tampilan dan juga 30 game retro di masa lampau.

Sumber: IGN (Foto: BGR)