Tekno dan Fotografi

Post Top Ad

Post Top Ad

Sunday, March 12, 2017

Hadir di Android, Ini Cara Menggunakan Google Assistant

Cara Menggunakan Google Assistant

Google Assistant kini telah hadir di perangkat Android lain setelah sebelumnya hanya tersedia bagi smartphone Google Pixel dan Pixel XL. Pengguna smartphone di sistem operasi Marshmallow 6.0 dan Nougat 7.0 saat ini sudah bisa menggunakannya. Namun apa itu Google Assistant?

Google Assistant adalah asisten digital milik Google yang menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligent) dan lazim digunakan sebagai chat bot. Dengan fitur tersebut pengguna Android bisa melakukan pencarian atau bertanya mengenai hal-hal umum kepada Google Assistant seperti "Jam berapa sekarang?" atau "Di mana letak toko buah?"

Memang mirip dengan fungsi Google Now yang saat ini digunakan untuk penelusuran di internet, namun Google Assistant dikatakan sebagai generasi lebih terbaru untuk bersaing dengan Siri (Apple) dan Alexa (Amazon). Selain itu Google Assistant juga tersemat dalam aplikasi perpesanan Google Allo sebagai chat bot. Tampilan Google Assistant di Android pun sama miripnya dengan yang ada dalam aplikasi pesan instan tersebut.

Agar bisa menggunakan Google Assistant, pertama Anda harus memperbarui aplikasi Google di Android. Versi terbaru yang telah mendukung Google Assistant adalah 6.13.25.21.armv64 yang diperbarui Google pada 2 Maret 2017 lalu. Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan penyesuaian di bagian Setting. Sayangnya untuk saat ini Google Assistant hanya bisa melakukan pencarian dan perintah melalui bahasa Inggris.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakannya, ubah lah pengaturan preferensi bahasa menjadi Inggris. Selain menjadi syarat pengaktifan Google Assistant, pengubahan preferensi bahasa juga memungkinkan untuk membuka fitur asisten hanya dengan mengucapkan "Ok Google" di layar utama tanpa membuka apilkasi Google terlebih dahulu.

Google Assistant

Jika berhasil, Anda telah bisa menggunakan asisten pribadi di smartphone Anda. Berdasarkan informasi dalam aplikasi tersebut, Google Asisstant dapat memberikan informasi seperti laporan cuaca terkini, perayaan hari-hari tertentu, menjawab pertanyan dengan hail pencarian, melaksanakan perintah seperti mainkan musik, mengatur alarm, membuat panggilan, menulis pesan membuka aplikasi dan lain-lain. Selain bisa digunakan secara online, Google Assistant juga bisa digunakan secara offline.