Tekno dan Fotografi

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, February 7, 2017

Tren Smartphone Tanpa Bezel Diprediksi Meningkat di 2017

Tren Smartphone Tanpa Bezel akan populer di 2017

Smartphone tanpa bezel atau bezel less sebenarnya telah hadir beberapa tahun lalu yang dimulai oleh Oppo R7 dan Sharp Aquos Crystal 2 pada 2015. Konsep smartphone tanpa bezel mulai populer di pasaran setelah Xiaomi memamerkan Mi Mix menjelang akhir 2016.

Melihat reaksi masyarakat yang antusias melihat tampilan Xiaomi Mi Mix, Samsung dan iPhone pun mengikuti jejaknya namun dengan konsep yang berbeda. Jika Xiaomi Mi Mix masih menyisakan ruang lebih luas di bagian bawah, maka Apple dan Samsung akan mempersempit area tersebut.

Dengan demikian, ukuran layar yang tadinya terbatas oleh bingkai di bagian samping kanan, kiri, atas, dan bawah, kali ini akan terasa lebih lega dan leluasa. Selain Samsung, produsen asal Korea Selatan lainnya juga masuk dalam ceruk pasar smartphone tanpa bezel.

Melalui seri andalan G6, LG akan memiliki desain layar yang lebih lega dengan aspek rasio 18:9 dibandingkan dengan format normal 16:9. Tak hanya LG, produsen asal Jepang, Sony, juga dikabarkan memiliki konsep desain smartphone bezel less.

Bedanya, tampilan depan smartphone yang disebut Xperia Edge tersebut akan lebih mirip dengan Xiaomi Mi Mix yang menyisakan area bagian bawah, namun lebih sempit dibandingkan Mi Mix.

Tren smartphone tanpa bezel di 2017 diprediksi meningkat

Jadi Tren di 2017?

Berdasarkan halaman Android Authority, Selasa (7/2/2017), smartphone dengan konsep tanpa bezel tersebut diprediksi akan menjadi tren di 2017. Hal itu berdasarkan beberapa faktor mulai dari segi ketertarikan konsumen hingga ketersediaan komponen layar.

Sebagaimana diketahui hingga saat ini rata-rata konsumen smartphone masih menyukai desain layar yang lebih besar karena faktor keleluasaan. Oleh karena itu, sebagian besar desain layar yang diluncurkan oleh beberapa produsen smartphone berada di rentang 5 inci. Dengan adanya konsep smartphone tanpa bezel ini, diperkirakan konsumen akan semakin tertarik untuk memiliki.

Sedangkan hal lainnya, yakni soal penggunaan teknologi layar. Saat ini beberapa smartphone kelas atas telah meninggalkan jenis layar LCD dan beralih ke panel OLED. Jenis layar OLED diketahui memiliki keunggulan karena lebih tipis dibandingkan LCD.

Karena tak terlalu tebal, maka ia dapat dengan mudah untuk dibentuk. Samsung sendiri dengan layar AMOLED-nya meiliki desain layar lengkung di bagian sisi yang disebut Edge. Apple juga rencanaya akan mulai menggunakan jenis layar ini untuk iPhone 8 dan MacBook terbaru.

Dengan dua kemungkinan tersebut, maka diprediksi konsep layar smartphone tanpa bezel akan menjadi tren di 2017 dan sejalan dengan fitur tambahan seperti sensor yang menyatu dengan layar dan fitur 3D touch.

Sumber: Android Authority, (Foto: Android Pit)

*Tulisan ini pernah dimuat di halaman Okezone.com pada Selasa, (7/2/2017).