Tekno dan Fotografi

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, November 23, 2016

LG V20, Paket Komplit Smartphone Fotografi dan Multimedia


Spesifikasi dan harga LG V20

Tanda tanya kehadiran smartphone unggulan LG V20 terjawab sudah. Pada Rabu, (23/11/2016), LG Mobile Communications Indonesia secara resmi meluncurkan penerus dari dari LG V10 tersebut di Jakarta. 

Sebagai smartphone yang berada di kasta tertinggi, LG V20 tentunya dibekali beragam fitur dan spesifikasi yang mumpuni. Sebut saja kemampuan fotografi dan multimedianya. 

Seakan mengerti pentingnya kualitas foto, LG turut membenamkan dua kamera utama di bagian belakang dan sebuah kamera sekunder berukuran 5 megapiksel untuk keperluan swafoto dengan bidang cakupan mencapai 120 derajat. 

Dua kamera utamanya yakni berukuran 16 dan 8 megapiksel dengan masing-masing bidang cakupan hingga 75 dan 135 derajat. Kedua kamera tersebut memiliki masing-masing fungsi di mana kamera berukuran 8 MP untuk pemotretan secara wide, dan 16 MP secara tele.

Fitur yang ditambahkan pun memiliki kehandalan tersendiri. Kamera LG V20 dibekali sistem Hybrid Auto Focus di mana autofokus yang cepat dan stabil didapat dengan mengintegrasikan tiga mekanisme autofokus (AF) seperti Laser Detection AF, Phase Detection AF, dan Contrast AF.

Selain terdapat pada mode kamera foto, fitur tersebut juga dapat digunakan pada mode perekaman video. Adapun cara kerjanya ialah dengan menghitung dan menentukan di antara LDAF dan PDAF yang paling sesuai untuk pengambilan gambar yang kemudian disempurnakan oleh Contrast AF. 

LG V20
Tampilan LG V20.
Sementara di bagian multimedia, LG V20 telah dibekali beberapa fitur penunjang seperti Steady Record 2.0, Hi-Fi Quad DAC dan HD Audio Recorder. Dengan Hi-Fi Quad DAC, membuat LG V20 menghasilkan suara yang dapat meminimalisir distorsi dan noise dari lingkungan sekitar hingga 50%.

Suara yang dihasilkan oleh perangkat ini ialah berkualitas 32 bit di mana suara yang dikeluarkan akan lebih jernih. 

"LG V20 menawarkan pengalaman multimedia pada level tinggi melalui keistimewaan fitur audio, kamera, dan video di dalamnya," ucap Hee Gyun Jang, Head of LG Mobile Communications Indonesia pada saat peluncurannya.

Spesifikasi LG V20 

Selain sektor fotografi dan multimedia, LG tentunya turut memperhatikan spesifikasi lainnya untuk menunjang kinerja LG V20. Salah satunya ialah dengan menggunakan RAM 4 GB. 

Di dapur pacu, LG menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 berkecepatan 2,15 GHz. Padahal, untuk smartphone yang akan menghadapi persaingan di tahun 2017, seharusnya LG telah memakai Snapdragon versi terbaru yakni 821. 

Kendati demikian hal itu dapat terobati karena LG V20 telah menjalankan sistem operasi Android Nougat 7.0. Smartphone ini disebut sebagai yang pertama kalinya menggunakan OS Android versi ketujuh di Indonesia. 

Adapun spesifikasi lainnya yang juga dibawakan LG ialah ruang penyimpanan yang tersedia mulai dari 64 hingga 2 TB. Selain itu, baterai yang digunakan pun cukup besar yakni berkapasitas 3.200 mAh. 

Khusus untuk pasar Indonesia, LG V20 telah mendukung penggunaan dua sim card sekaligus. Tak hanya itu, smartphone ini juga telah mendukung jaringan berkecepatan 4G berkat terpenuhinya kandungan dalam negeri.

Desain dan Layar LG V20 

Sementara dari segi desain dan layar, LG V20 berbeda dari smartphone flagship sebelumnya, di mana pada G5 SE, LG menawarkan konsep smartphone modular. 

Di LG V20 ini, perusahaan mengganti konsep tersebut dengan desain cangkang belakang yang dapat dibuka. Artinya, unit baterai, micro SD, dan juga sim card dapat dicopot dan dipasang dengan membuka penutup bagian belakang.

Layar tambahan di bagian atas berfungsi untuk menampilkan notifikasi.
Salah satu keunikan yang terdapat pada LG V20 ini ialah adanya layar tambahan di bagian atas layar utama untuk menampilkan notifikasi. Namun sebenarnya, layar ini telah ada sejak model V10 diluncurkan. 

LG V20 memiliki ukuran layar 5,7 inci beresolusi quad-HD dan bobotnya hanya sekira 175 gram.

Harga LG V20 

Di Indonesia LG akan memberikan harga V20 senilai Rp9.499.000. Harga penjualan dari LG V20 tersebut telah termasuk dengan paket earphone dari B&O Play yang akan dibuka melalui pre-order pada 25 November 2016 pekan ini.