Tekno dan Fotografi

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, July 2, 2015

Sejuknya Alam Talaga Remis

Pemandangan Talaga Remis

Banyak cara untuk melepaskan penat karena aktivitas sehari-hari. Sebagian orang menyukai bejalan-jalan ke mall atau taman rekreasi, sebagian lainya lebih menyukai melihat pemandangan alam. Saya sendiri menyukai keduanya. Ada beberapa sensasi yang bisa saya rasakan dari kedua spot hiburan tersebut. Pertama, di perkotaan saya bisa merasakan keramaian dan kompleksitas kehidupan masyarakatnya. Sedangkan di alam saya bisa merasakan ketenangan dan nuansa alamiahnya. Keduanya memiliki terapi yang berbeda untuk setiap penat yang saya rasakan.

Beberapa waktu lalu, saya bersama teman-teman dari LPM FatsOeN mengunjungi salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Kuningan. Talaga Remis atau Telaga Remis merupakan danau seluas 2,82 HA. Terletak di desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, objek wisata ini menawarkan pemandangan hijau dan kesejukan udaranya.

Lokasinya berdekatan antara Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan. Selain itu jalan menuju lokasi objek wisata pun cukup mudah dilalui. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menuju lokasi. Jarak dari Kota Cirebon dan Kuningan hanya menempuh waktu sekitar satu jam.

Pemandangan Talaga Remis
                                                                                                                                                    Rindangnya pepohonan di sekitar Talaga

Selain menyuguhkan objek wisata air seperti becak air, Talaga Remis merupakan spot memancng yang cukup digemari oleh warga sekitar danau maupun luar sekitar danau. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- anda bisa memancing tanpa adanya batasan ikan dan durasi.

Memancing di Talaga Remis
                                                   Seorang pengunjung memancing menggunakan tiga pancing sekaligus
Di sekeliling danau terdapat jalan setapak yang dapat digunakan para pengunjung untuk mengelilingi danau. Anda bisa memotret sekitaran danau dari berbagai sudut dengan mengelilinginya.Namun, berhati-hatilah disaat musim penghujan jalanan yang tertutup paving block menjadi sedikit licin.

Pemandangan sekeliling Talaga Remis
                                              Dengan sedikit kejelian, pepohonan di sekitar danau bisa menjadi frame foto
Kesejukan udara Talaga Remis berasal dari rindangnya pohon pinus yang mengelilingi sekitar danau. Dengan sedikit mendaki anda bisa merasakan keteduhan ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Pohon Pinus
                                             Ketinggian pohon pinus disekitar Talaga rata-rata memiliki tinggi sekitar 10m

Jika anda hobi memotret, jangan terlalu terpaku pada keindahan danaunya saja. Banyak juga kehidupan makhluk lain disekitar danau yang bisa diabadikan. Siapkan kamera ke mode makro lalu carilah objek kecil seperti bunga, kadal ataupun capung. Jika beruntung anda bisa menemukan ular pohon disekitar semak-semak danau.

Ular pohon
                                                                                                                              Ular pohon ini terlihat di semak-semak sekitar danau
Ketika saya sedang berkeliling, tiba-tiba se ekor ular pohon terlihat diantara semak-semak di pinggir danau. Ini adalah pertama kalinya saya bisa memotret ular dari jarak yang cukup dekat. Bayangkan, saat itu saya hanya menggunakan kamera saku. Untuk bisa mendapatkan foto makro dengan background yang cukup blur saya harus sedekat mungkin dengan ular tersebut. Selain itu pergerakan si ular juga cukup lincah sehingga butuh usaha ekstra untuk mendaptkan hasil foto yang baik.

Berbeda dengan ular, capung justru cukup mudah untuk dipotret. Anda hanya membutuhkan kesabaran dan ketenangan. Jangan membuat banyak pergerakan agar capung tidak merasa terancam.

Capung Merah
                                                                                                                                                                                    Capung merah
Hal yang perlu anda ingat ketika mengunjungi objek wisata Talaga Remis ini adalah simpanlah kartu parkir anda baik-baik. Jika hilang anda akan dikenakan denda sebesar 10 ribu rupiah untuk sepotong kertas print-an tersebut. Itulah yang teman saya alami saat hendak pulang. Mungkin sedang apes.. hehehe 


*Semua koleksi foto dapat dilihat di akun instagram saya