Tekno dan Fotografi

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, May 10, 2014

Tahun Depan, Ponsel Low dan Mid-end Cicipi Water-Resistance

Kehadiran Sony Xperia Z dalam acara CES 2013 kemarin menuai decak kagum dari para peserta. Bagaimana tidak, dalam perkenalannya Sony Xperia Z dicelupkan kedalan kolam berisi air dalam keadaan mesin menyala. Hal tersebut menjadi daya tarik produsen smartphone lain khususnya kelas high-end untuk mempersenjatai handset mereka dengan kemampuan water-resistance.

Namun saat ini, Sony bekerja sama dengan penyedia komponen smartphone untuk menghadirkan produk dengan kemampuan water-resistance dengan harga yang terjangkau. Pasalnya, harga smartphone Sony dengan kemampuan anti air saat ini berada pada kisaran $400 hingga $500.

Selain itu, produsen lain seperti Samsung, HTC, Motorola dan Lenovo juga berencana akan mengambil keuntungan dan mengembangkan produk dengan kemampuan serupa. Mereka juga tertarik untuk melengkapi produk low-end dan mid-end mereka dengan kemampuan water-resistance.

Saat ini, produk yang memiliki kemampuan anti air ialah Samsung Galaxy S5, Sony Xperia Z2, dan menyusul LG G3 yang mampu menyelam dikedalaman 3,2 kaki atau sekitar 30cm selama 30 menit. Dengan kemampuan anti air di kelas high-end saat ini menjadi wacana besar bagi produsen smartphone di tahun depan untuk dapat menghadirkan fitur yang sama di smartphone kelas bawah dan menengah. 

Memiliki kemampuan water-resistance, bukan berarti perangkat tersebut aman digunakan saat mandi, tetapi, perangkat tersebut dapat bertahan setelah tercelup ke toilet ataupun terkena tumpahan air. 

Sumber: Phonearena