Tekno dan Fotografi

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, May 10, 2014

Cara Akses Google Map Dalam Mode Offline

Setelah banyaknya keluhan dari pengguna, Google secara resmi mengumumkan untuk menghadirkan kembali fitur yang sempat dihilangkan dari Google Map mereka yaitu mode offline pada tanggal 6 Mei kemarin.

Selain dapat menyimpan sesi halaman dalam mode offline, Google Map terbaru juga dapat menandai halaman yang ingin anda lihat dan dapat membukanya ketika sudah terhubung ke internet.

Proses ini dapat digunakan baik pada sistem operasi Android maupun iOS. Berikut langkahnya yang Saya kutip dari CNet (6/5/2014):

  • Pertama, pastikan aplikasi Google Map anda sudah mendapatkan update terbaru. Versi saat ini untuk perangkat iOS ialah 3.0 sedangkan di perangkat Android adalah versi 8.0.

                                                                                                                                                                                Foto: CNet

  • Setelah anda mendapatkan update terbaru, jalankan aplikasi dan klik pada ikon profile didekat bar pencarian. Kemudian scroll halaman kebawah
                                                                                                                                                                                  Foto: CNet

  • Disana, anda akan menemukan saran informasi bagian halaman yang akan dibuka secara offline. Ada dua cara untuk menyimpannya kedalam mode offline, yaitu dalam setingan atau dengan mengetik "OK Map" kedalam bar pencarian.
                                                                                                                                                                                 Foto: CNet
  •  Setelah mengaktifkan dialog penyimpanan, anda dapat melakukan zoom in dan zoom out diarea peta dan menyimpannya dalam perangkat anda. Jika peta area terlalu luas, anda dianjurkan untuk melakukan zoom in, namai area dan menyimpannya.
Proses penyimpanan ini hanya bertlaku selama 30 hari. Selebihnya, peta yang tersimpan akan dihapus untuk mencegah terkurasnya ruang penyimpanan di perangkat anda.

Sumber: CNet